Selasa, 05 Mei 2015

Teks Negosiasi

Teks Negosiasi


PENGERTIAN TEKS NEGOSIASI
Teks Negosiasi ini merupakan suatu bentuk interaksi sosial yang terjadi dimana pihak-pihak yang saling berkaitan berinteraksi untuk menyelesaikan suatu masalah atau suatu tujuan dan menentukan jalah atau sebuah kesepakatan yang terbaik (solusi terbaik) dari beberapa perbedaan yang ada.
Jadi, teks negosiasi ini diharapkan dapat menjadi suatu kesepakatan yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak.


Struktur Teks Negosiasi

  1. Orientasi : Pembukaan atau awalan dari percakapan sebuah negosiasi. Biasanya berupa kata salam, sapa dan sebagainya.
  2. Permintaan : Di mana pihak yang ingin tahu menanyakan suatu barang atau permasalahan yang dihadapi.
  3. Pemenuhan : Pihak yang terkait memberitahukan mengenai barang atau obyek agar orang yang diajak interaksi oleh pihak tersebut menjadi lebih paham.
  4. Penawaran : Suatu puncak dari negosiasi karena terjadi proses tawar menawar pihak satu dengan pihak yang lain untuk mendapat sebuah kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain.
  5. Persetujuan : Kesepakatan atas hasil penawaran dari kedua belah pihak.
  6. Pembelian : Terjadinya transaksi jual beli antara masing-masing pihak terkait.
  7. Penutup : Mengakhiri dari sebuah percakapan antara kedua pihak untuk menyelesaikan suatu proses interaksi dalam negosiasi.

Struktur teks untuk Pengusaha/Nasabah

1. Orientasi
2. Pengajuan
3. Penawaran
4. Persetujuan
5. Penutup


Ciri Umum 
1. Negosiasi menghasilkan kesepakatan
2. Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
3. Negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian
4. Negosiasi mengarah ke tujuan praktis
5. Negosiasi memprioritaskan kepentingan bersama


Ciri Kebahasaan
1. bahasa santun
2. tuturan berpasangan 
3. kata pronomina 
4. memiliki partisipan 
5. berisi kesepakatan ungkapan
6. mengarah kepada tujuan praktis 
7. berisi ajakan atau bujukan (persuasif)

Contoh Teks Negosiasi
Suatu hari ada seorang bapak datang ke rumah Andik. Andik mempersilahkan masuk seorang bapak yang memakai jas itu
Manajer : "Selamat Pagi,Pak"
Andik : "Selamat pagi juga Pak"
Manajer : "Perkenalkan saya Indra, manajer dari klub Ujungberung United.
Andik : "Oh ya, ada keperluan apa ya pak?"
Manajer : "Begini, klub saya kebetulan lagi membutuhkan penyerang yang memiliki kecepatan dan kelincahan. Jadi saya bermaksud untuk menganjak anda untuk bergabung ke klub saya. Saya berani bayar tinggi untuk anda,agar anda mau masuk klub kami"
Andik : "Oh begitu,Memang saya akan digaji berapa Perbulan?
Manajer : "Saya berani gaji anda sebesar Rp.10 juta perbulan
Andik : " Kalau sebanyak itu masih kurang, karena tidak sebanding dengan kebutuhan sehari hari seperti sepatu bola, pelindung, dll.
Manajer : "Oh tenang saja, semua fasilitas untuk bermain bola sudah kami tanggung. Jadi gaji tersebut bersih"
Andik : "Tapi Tidak pak, Jika harga segitu saya tolak, Karena masih ada klub lain yang berminat mentransfer saya ke klubnya dengan harga lebih tinggi"
Manajer : " Baiklah saya naikan menjadi Rp.12 juta perbulan, bagaimana?"
Andik : " Saya tetap menolak, harga tersebut masih dibawah standar saya. Jika harganya naik hingga Rp.18 juta Perbulan, dengan senang hari saya menerimanya. Dan saya juga akan bermain dengan sungguh-sungguh "
Manajer : " Baiklah saya naikan hingga Rp.20 juta perbulan dengan syarat kami tidak mengfasilitasi perlengkapan bermain anda. Bagaimana?"
Andik : "Oke saya setuju (Berjabat tangan)
Manajer : "Baiklah,Besok datang ke stadium untuk Medical Check-up. Setelah nya anda sudah dibolehkan untuk Berlatih dengan klub kami"
Andik : " Baiklah pak. Terimakasih"
Manajer :" Ya Sama sama"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar